Sabtu, September 28

Buku dan September

Saya baru saja menyelesaikan beberapa halaman draft buku itu. Buku yang selalu kuceritakan padamu. Hari ini sekiranya akan kukirim, tapi tadi pagi ada kabar perpanjangan untuk itu. Saya merasa, wajib untuk mengedit kembali dan memperbaiki tulisan saya.

Di bulan September ini, saya merasa kurang produktif dalam menulis. Saya juga merasa kebingungan dengan cara saya menulis. Sedikit demi sedikit saya mulai mencari kedalaman kata yang kupilih untuk menjelaskan semua yang ada di kepalaku. Menghabiskan waktu dengan laptop, atau pun buku-buku yang ada di kamar atau di perpustakaan, menjadi menyenangkan. Saya selalu merasa kau ada menemani, tersenyum dan tertawa.

Di bulan ini juga, saya merasa kurang sehat, agak sakit-sakitan. Mungkin “malarindu” katamu. Di bulan ini juga, kadang saya terbangun tengah malam dan kemudian tak bisa tidur lagi, “lovesomnia” mungkin. Kesulitan tidur yang diakibatkan rasa. Saat itulah saya bangun dan menuliskan paragraph demi paragraph untuk buku yang tengah saya susun. Di bulan ini, maaf tak sempat datang ke kotamu. Tapi rinduku telah kuterbangkan menuju langit kotamu. Saya berharap hujan membiarkannya jatuh dan menjadi rindu yang basah. Lalu kau rasa lebih dekat. Apa di kotamu hujan memanggil namaku?

Saya menulis surat ini, saat kesehatan saya masih dalam kondisi yang belum maksimal, kupikir kau juga demikian. Sehat itu penting, jaga kesehatan dan selamat menjadi mahasiswa kembali. Saya mulai menyentuh skripsi, sama sepertimu dulu.

 Selepas buku ini selesai, skripsi juga akan saya selesaikan.

*
Ini surat, saya tuliskan untuk kau rasa dan baca. Selamat 28. Topik tulisan ini acak dan kurang beraturan, mungkin karena apa yang ingin kuceritakan tidak mampu mengalahkan inginku untuk bertemu denganmu. Saya merasa ingin mengirimkan buku itu untukmu, dan biarkan buku itu kau peluk lebih dulu dibandingkan penulisnya sendiri.


“Saya menulis buku dan berharap kau peluk lebih dulu dibandingkan penulisnya sendiri”

Makassar, 28 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar